Monday, May 26, 2014

Manfaat Minuman Probiotik Bagi Tubuh

Kesehatan Pencernaan

Di dalam tubuh manusia, khususnya di saluran pencernaan, terdapat lebih dari 1.000 jenis bakteri yang hidup. Tugas mereka adalah membantu memecah makanan dan menyerap nutrisi. Nah, ketika Anda mengkonsumsi antibiotik (obat yang dirancang sebagai pembunuh destruktif, yakni bakteri penyebab penyakit), obat ini juga dapat membunuh bakteri baik dalam usus yang tugasnya membantu pencernaan.
Menurut penelitian JAMA (Journal of the American Medical Association ), sekitar 30 persen pasien melaporkan, penggunaan antibiotik menyebabkan mereka menderita diare atau gangguan pencernaan lainnya. Inilah kemudian yang menyebabkan para dokter meresepkan minuman probiotik agar saluran pencernaan pasien bisa tetap "terisi" dengan bakteri baik.
Banyak jenis gangguan pencernaan yang bisa diatasi dengan minuman probiotik. Di antaranya, sindrom iritasi usus atau IBS (Irritabel Bowel Syndrome ) dan gejala penyakit usus semisal sakit perut, kram, kembung, diare, dan sembelit.

Kesehatan Kemih

Minuman Probiotik juga sangat dipuji di kalangan penderita infeksi saluran kemih. Bahkan ada bukti yang mengatakan, mengkonsumsi probiotik secara teratur dapat mencegah bakteri jahat menyerang saluran kemih.
Infeksi saluran kemih sangat umum terjadi pada wanita. Menurut literatur University of Maryland Medical Center , meski infeksinya akan hilang setelah mengkonsumsi antibiotik, namun sekitar 30-40 persen ada kemungkinan infeksi kembali.

Alergi

Salah satu penelitian menemukan, wanita yang mengonsumsi probiotik selama kehamilan akan menurunkan risiko eksim (tanda awal alergi) pada anak hingga 30 persen. Para peneliti memilih wanita yang memiliki riwayat alergi musiman (atau dengan pasangan yang memiliki sejarah alergi). Dan para bayi yang menerima probiotik in-vitro juga menurunkan risiko mereka mengalami peradangan jaringan hingga 50 persen.

Kesehatan Vagina

Sama seperti saluran pencernaan, vagina juga bergantung pada keseimbangan bakteri baik dan buruk. Ketika keseimbangan itu tidak aktif, maka dapat menyebabkan vaginosis bakteri dan infeksi jamur. Vaginosis bakteri telah ditunjukkan sebagai faktor yang berkontribusi terhadap persalinan prematur.
Minuman Probiotik juga berperan khusus dalam kesehatan ibu, seperti ibu hamil yang rentan terhadap infeksi vagina.

Imunitas

Salah satu fungsi utama bakteri sehat adalah merangsang respon imun. Dengan makan makanan dan minuman yang kaya probiotik dapat memelihara flora usus baik dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Kegemukan

Pada tahun 2006 peneliti dari Universitas Stanford menemukan, orang obesitas memiliki bakteri usus yang berbeda dibandingkan orang normal. Ini menjadi indikasi bahwa flora usus berperan dalam bobot tubuh.
Beberapa penelitian pendahuluan malah menunjukkan, probiotik dapat membantu orang obesitas yang menjalani operasi penurunan berat badan untuk tetap mempertahankan berat badannya. Dan dalam sebuah studi post partum, wanita yang mencoba menghilangkan lemak abdomnial pada tubuhnya, dengan menambahkan minuman lactobacillus sp  dapat membantu mengurangi lingkar pinggang dengan baik.

KENAPA HERBATAMA MENGANDUNG PROBIOTIK  ?

Probiotik adalah mikroorganisme hidup “baik” yang secara alamiah terdapat di dalam sistem pencernaan, (disebut juga dengan flora normal,) atau mikroorganisme baik yang sengaja dikembangbiakkan sebagai suplemen makanan/minuman yang apabila dikonsumsi dalam jumlah seimbang akan memberikan dampak positif bagi kesehatan

Kunci kesehatan manusia adalah dilihat dari kesehatan lambung dan pencernaan. Probiotik adalah langkah untuk menyehatkan lambung dan pencernaan. Untuk memahami bagaimana probiotik menguntungkan kita, pemahaman mengenai sistem pencernaan akan membantu.


Seperti sejarah tentang probiotik menyebutkan Pada akhir abad ke-19, para ahli mikrobiologi menemukan bahwa orang sehat memiliki mikroba yang berbeda dengan orang sakit. Mereka kemudian menamakan mikroba yang baik “probiotik” (arti harfiahnya “untuk kehidupan”).



Sumber-sumber  Enzim

Yang dibutuhkan oleh tubuh kita bisa disuplai melalui makanan yang kita makan sehari-hari maka dari itu makanlah makanan yang mengandung enzim. Hewan secara alami mencari enzim untuk dikonsumsi, seperti hewan karnivora ketika menangkap mangsa mereka pertama-tama selalu mulai dengan memakan organ-organ bagian dalam, yaitu organ yang beisi enzim, kelinci menyantap kotoran mereka yang baru dikeluarkan sekali untuk menyerap kembali makanan yang belum tercerna.Buah-buahan yang segar juga menjadi sumber enzim bagi manusia, ada buah kiwi, pepaya, kecambah, nanas, dll. Makanan terbaik adalah yang tumbuh dari tanah subur dan kaya mineral dan tanpa menggunakan bahan kimia. Herbatama mengambil berbagai macam bagian tumbuhan pilihan yang menjadi sumber enzim. Setiap bagian tumbuhan itu diambil dari tumbuhan yang memiliki khasiat yang bermanfaat untuk manusia yang kemudian diproses secara fermentasi dan pada akhirnya semua unsur enzim yang terkandung dalam bahan yang diproses itu ada di dalam herbatama. 


Cara kerja pencernaan

Saluran pencernaan Anda berisi ekosistem mikroba yang beragam dan kompleks. Anda adalah tuan rumah bagi lebih dari 500 jenis bakteri usus yang memiliki cara hidup dan perilaku berbeda-beda. Mereka memiliki potensi untuk bertindak positif, negatif atau netral.Jumlah dan jenis bakteri bervariasi tergantung lokasinya di saluran pencernaan. Pada individu sehat, bagian atas dari usus kecil dan lambung mengandung sedikit mikroba karena aksi bakterisida asam lambung. Berbeda dengan usus kecil, usus besar adalah “markas PBB”-nya bakteri. Di antara kedua ekstrim itu terdapat zona transisi yang berisi bakteri dalam jumlah moderat.

Proses pencernaan dimulai segera setelah makanan masuk mulut. Pengunyahan memperluas permukaan partikel makanan yang membuatnya lebih mudah diurai menjadi partikel-partikel lebih kecil oleh enzim air ludah. Di dalam perut, makanan bercampur dengan cairan lambung yang mengandung enzim pencernaan dan asam klorida. Campuran ini, yang disebut cairan lambung, menghancurkan makanan yang kemudian dipompa keluar dari lambung menuju usus kecil. Di sana, enzim lain dan empedu dicampur dengan cairan lambung untuk melanjutkan proses pencernaan dengan mengurai lemak, protein dan karbohidrat. Beberapa karbohidrat tidak tercerna oleh enzim dan akan lolos ke usus besar, namun sebagian besar nutrisi terserap di usus kecil.Dalam waktu sekitar 4-6 jam setelah makan, apa yang tersisa dari makanan akan melewati usus besar. Usus besar memiliki jumlah bakteri terbesar (hingga 100 triliun) dari berbagai jenis. Bagian atas usus besar melakukan fermentasi karbohidrat. Kotoran sisa pencernaan dikeluarkan melalui dubur .


No comments:

Post a Comment